Thursday, December 13, 2012

10 Perkara yang dibenci Alloh

Dawuh kang kaping 9:

10 Perkara yang dibenci Alloh pada 10 golongan manusia:

1. Wong sugih medit
Alloh benci kepada orang yang miskin namun "medit", dan lebih benci lagi kepada orang yang kaya namun tidak dermawan. Segala rizky milik Alloh mengapa manusia masih "medit" sampai-sampai pada dirinya sendiri "medit". Suatu saat jika Alloh berkehendak rizky yang dititipkan kepada kita begitu mudah dihapus oleh Alloh. Apakah kita menunggu hal demikian???sebelum Alloh murka maka ayo kita jadi manusia yang dermawan apapun kondisi kita.

2. Wong melarat sombong
Alloh membenci orang kaya yang sombong apalagi jika yang sombong ialah orang miskin. Sudah miskin sombong, lalu apa yang diunggulkan dari kesombongannya??sedang jika secuil dari hati kita mengandung kesombongan maka surga tidak mau menerima kita. Naudzubillah min dzaalik.Hanya Alloh yang patut sombong, tidak pantas manusia yang semuanya dari Alloh menyombongkan diri.

3. Ulama Thoma' (pamrih)
Hilangnya rasa kasih sayang pada ummat, yang ada hanyalah untuk kepentingannya sendiri, untuk kebutuhannya sendiri. Alloh benci pada manusia yang thoma' namun lebih benci lagi dengan ulama yang thoma'. Bukankah 'ulama sebenarnya ialah wadah untuk ummat bukan sibuk untuk kepentingan pribadi.

4. Wong wadon gak duwe isin
Rosululloh SAW bersabda:
Siapa orang yang tidak memiliki malu maka imannya tidaklah sempurna.Barangsiapa yang tidak malu dengan urusan dunia maka juga tidak akan bisa masuk surga.

Wanita dimulyakan dengan islam mengapa wanita itu sendiri yang tak mau dimulyakan. Malulah wanita karena itu imanmu, jika wanita sudah tidak punya malu maka bagaimana wanita itu dipandang. Biar kita mulia, biar derajat kita tinggi di sisi Alloh. maka muliakan diri ini dengan iman.

5. Wong tuwo kedunyan
Bagaimana jika orang tua masih memikirkan dunia??sedang bukankah semakin tua semakin dekat dengan ajal??..sebaiknya orang yang sudah tua rajin untuk beribadah. Rajin untuk semakin mendekatkan diri pada Alloh bukan sebaliknya.

6. Wong enom males
Jiwa muda memiliki jiwa yang membara begitupun dengan semangatnya. Tidak patut jika jiwa muda namun hari-harinya di warnai dengan kemalasan. Alloh membenci hal demikian,,maka ayoooo semangat jiwa muda..

7. Penguasa sing dholim



8. Wong lanang kang lecek



9. ujub e wong ahli zuhud (rumangsan apik dewe kaliyan amal sholeh e)



10. Wong ahli dzikir sing riya'

(Kyai Marzuki-Kitab Nashoihul ibad)

No comments: